Retasan Jalan  Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

******Mesikpun sempat goyah dihajar oleh gempuran *microblog scoial network, *pada dasarnya perkembangan dunia perblogan di Indonesia bisa dibilang cukup stabil dan tetap eksis. Hadirnya konten layanan lain di internet nampaknya belum bisa menggusur kualitas layanan blog, alih-alih menggeser justru malah semakin menguatkan eksistensi perblogan yang cukup terbantu dengan berbagai macam fitur layanan jejaring sosial. Layan-layanan tersebut semisal  fitur *share * yang sudah pasti mempermudah para blogger dalam menyebarkan tulisannya.

Pesatnya pertumbuhan blog di Indonesia tentunya memberikan dampak tersendiri terhadap isi layanan internet, yang sebagian besarnya dikuasi oleh blog. Tidak diragukan lagi, tingginya jumlah blog di Indonesia sudah dapat memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan arus informasi melalui dunia maya. Terlepas dari valid atau tidaknya setiap informasi yang di tulis oleh seorang blogger, yang jelas setiap informasi yang tersaji berpeluang dibaca oleh jutaan pengguna internet di seluruh Indonesia dan bahkan dunia.

Melihat peluang pengaruh blog di Indonesia yang luar biasa, tidak jarang blogpun menjadi media alternatif yang dinilai cukup potensial di segala bidang seperti ekonomi, budaya, pendidikan, pertahanan, pencitraan, dan juga politik.

Untuk hal politik sendiri, dunia perblogan Indonesia sempat dihebohkan dengan dirilisnya bocoran kawat diplomatik kedutaan Amerika Serikat (AS) di Jakarta oleh WikiLeaks. Dalam dokumen tersebut diungkapkan kalau blogger di Indonesia (secara langsung maupun tidak langsung) telah dimanfaatkan untuk kepentingan AS. Kawat diplomtaik tersebut kurang lebih mengungkapkan bagaimana strategi AS dalam memanfaatkan *media social *untuk kepentingan AS. Strategi itu sendiri dinamakan Public Diplomacy 2.0.

Kondisi diatas setidaknya memberikan gambaran kalau ternyata memang blog dan blogger mempunyai potensi yang luar biasa dahsyat. Dan apabila kita jeli, banyak peran di segala bidang  yang bisa diambil oleh blogger. Kalau dunia politik saja bisa memanfatkan peran blogger, sudah pasti bidang yang lainnyapun bisa, salah satunya adalah perekonomian. Disinilah dimana dunia blog juga bisa memberikan nilai tambah secara finansial sehingga tercetuslah sebuah istilah Blogpreneur.

Membangun Blogpreneur Indonesia

Istilah *blogpreneur * merupakan gabungan dari kata “blog” dan “entrepreneur”. Entrepreneur sendiri kurang lebih memiliki pengertian pembangunan jiwa kewirausahaan untuk menjembatani  antara ilmu dan potensi pasar. Jadi, blogpreneur kurang lebih mempunyai arti pembangunan jiwa kewirausahaan pada diri seorang blogger untuk menghubungkan ilmu dan hobi ngeblog dengan peluang pasar (ekonomi) yang terdapat di internet.

Ketika blogger di Indonesia mempunyai jiwa wirausaha, maka secara langsung blogger tersebut sudah menjadi bagian dari penggerak perekonomian bangsa melalui fasilitas lain, yaitu internet. Hal ini perlu ditumbuhkan terus menerus sehingga akan banyak lahir blogpreneur Indonesia yang turut mengambil peran penggerak perekonomian bangsa.

Dalam perkembangannya, dunia perblogan di Indonesia sering terkonotasikan pada 2 jenis, yaitu blog idealis dan blog mentize. Blog idealis sebagian besar isinya adalah berisi tulisan-tulisan pemikiran yang kadang didalamnya tidak ada tujuan komersil, sedangkan blog monetize dibuat dan diisi dengan berbagai konten yang memang untuk tujuan komersial. Meskipun demikian, baik blog idealis maupun mionetize pada dasarnya sama-sama memiliki upotensi ntuk mendapatkan keuntungan finansial. Hanya memang tergantung dari faktor kesungguhan keduanya.

Tidak sedikit blogger-blogger idealis yang kemudian meraih pundi-pundi finansial yang berawal dari postingan tulisan-tulisannya diblog, yang kemudian menarik perhatian para publisher buku dan media cetak. Tidak jarang juga sebuah blog yang dibuat untuk tujuan komersil malah tidak meraih keuntungan apapun karena kurangnya keseriusan. Apapun jenis blognya, selama bersungguh-sungguh dalam mengolalnya, insya Allah akan membuahkan hasil.

Banyak jalan untuk menjadi seorang blogpreneur, misalnya :

  1. Menjadi developer blog
  2. Penulis (review, puisi, cerpen, opini, kampanye, promosi, dll)
  3. Advertiser
  4. Webmaster blog
  5. Konsultan blog dan SEO
  6. Dan lain sebagainya.

Ada satu hal kelebihan lain yang dimiliki oleh seorang blogger, yaitu jaringan, dan salah satunya melalui wadah komunitas.

Beberapa waktu lalu, saya sempat punya ide dan menyampaikannya kepada teman tentang pembuatan sebuah web berkonten direktori dan ensiklopedia berbasis lokal kedaerahan. Ketika saya menyusun konsepnya, iseng-iseng saya browsing untuk mencari web sejenis yang mungkin sudah ada. Dan saya kaget, meskipun konsepnya tidak sama tapi yang sedikit mirip-mirip sudah ada. Disitu saya sempat down, dan hilang semangatnya. Namun, teman saya berkata lain ;

“tidak usah kaget apalagi down, kita ini blogger bukan designer”

“maksudnya ?”

*“jaringan designer tidak akan sebanyak blogger, itulah salah satu sebab mengapa blogger bisa menjadi penguasa internet ketimbang designer”. *Jawab teman saya.

Ternyata memang benar, di internet tidak ada jaringan hubungan yang sebanyak dan sebesar blogger. Akhirnya semangat sayapun tumbuh kembali dan melanjutkan rintisan konsep web tersebut.

Blogger Nusantara

[![Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia](https://blog.rosid.net/content/images/2011/10/Blogger-Nusantara-Blogpreneur-Indonesia.jpg "Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia")](https://blog.rosid.net/content/images/2011/10/Blogger-Nusantara-Blogpreneur-Indonesia.jpg)
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia
*Blogger nusantara* bisa dibilang lahir dari semangat para blogger yang terus mengalir secara natural, dan tidak jarang spontan. Blogger Nusantara bisa dibilang digagas berawal dari “ide gila” untuk menyatukan seluruh blogger di bumi nusantara yang paling tidak diwakili oleh 1000 blogger dari 33 provinsi yang ada di Indonesia, dengan cita-cita memupuk semangat kebersamaan dan persaudaraan antar blogger se Indonesia.

Kenapa disebut “ide gila” ?.

Blogger nusantara dibangun tidak hanya untuk sebatas seremonial semata, yang biasanya setelah seremonial selesai tidak ada tindakan konkrit yang dapat menjaga soliditas semangat kebersamaan dan persaudaraan yang dibangun tersebut, serta tidak dapat memberikan efek nyata apapun terhadap bangsa Indonesia. Blogger nusantara berusaha mengambil peran untuk menjadi pioner wadah para blogger supaya menjadi penggerak perekonomian Indonesia dengan menjadi blogpreneur. Sehingga berusaha semaksimal mungkin supaya  kedepannya dapat terwujud Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Dan itu saya rasa merupakan ide yang luar biasa besar dan tidak mudah untuk mewujudkannya tetapi juga berati tidak mungkin.

Namun, bagaimanapun kehadiran Blogger Nusantara harus didorong dan dibangun oleh semua blogger indonesia. Karena Blogger Nusantara ada untuk lebih memberdayakan para blogger itu sendiri, sehingga harapannya blogger-blogger Indonesia dapat menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri di bidang perekonomian. Mari, kita sukseskan Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia !