Satu ketika mungkin Anda pernah punya keinginan membuat tabel di halaman blog seindah yang ada di Ms. Word, terutama versi 2007 dan 2010, misalnya seperti contoh halaman ini. Namun, beberapa kali disalin konten anda dari Ms. Word ke blog tampilannya tak kunjung sama. Kolom tabel yang tadinya warna-wanipun berubah kembali jadi standar hitam putih semua.

Jika di WordPress ada fitur yang memungkinkan kita menyalin naskah dari Ms. Word dengan segala warna-warni hurufnya, tapi tingkat kesamaannya masih sangat kurang.

Ada satu cara mudah dan sederhana yang memungkinkan kita untuk membuat tabel di blog dengan rapih dan cantik seperti di Ms. Word tanpa harus menguasai bahasa HTML. Berikut ini adalah beberapa langkahnya :

[tabs slidertype=”left tabs”] [tabcontainer] [tabtext]Langkah 1[/tabtext] [tabtext]Langkah 2[/tabtext] [tabtext]Langkah 3[/tabtext] [tabtext]Langkah 4[/tabtext] [tabtext]Langkah 5[/tabtext] [tabtext]Langkah 6[/tabtext] [tabtext]Langkah 7[/tabtext] [/tabcontainer] [tabcontent]

[tab]Buat tabel terlebih dahulu di Ms. Word atau Libre Office (untuk pengguna Linux). Misalnya seperti gambar dibawah ini :

Membuat Tabel Menarik di Blog 1

[/tab]

[tab]Buka situs http://word2cleanhtml.com[/tab]

[tab]Kembali ke halaman Ms. World. Tekan [CTRL] dan [A] pada keyboard secara bersamaan untuk memblok sekaligus. Kemudian tekan [CTRL] dan [C] untuk menyalin (copy). Kalau kurang dimengerti, silahkan lakukan copy menggunakan mouse.[/tab]

[tab]Paste (tempel) di http://word2cleanhtml.com. Kemudian Klik “Conver to Clean HTML” di bagian bawah.

Membuat Tabel Menarik di Blog 2

[/tab]

[tab]Buka dasboard blog, tepatnya halaman tempat Anda membuat postingan. Misalnya kalau di WordPress :** Dahsboard > Post > Add New.** Pilih mode** HTML**, bukan Visual.[/tab]

[tab]Kembali ke http://word2cleanhtml.com, Pilih tab “Original HTML“, lalu salin semua konten tabel yang sudah di konversi ke HTML tadi.

Membuat Tabel Menarik di Blog 3

[/tab]

[tab]Paste (tempel) di dashboard postinganmu. Sampai disini sebetulnya sudah selesai, jika tulisan / halamannya diterbitkan kurang lebih nanti hasilnya seperti ini :

Daftar Nama Mantan ****Gebetan

**No** **Nama** **Jenis Kelamin** **Umur** **Asal**
1 Nani Nina Ninu Perempuan 21 Tahun Yokohama
2 Jesika Iskandar Perempuan 22 Tahun Cicaheum
3 Agnes Monikah Perempuan 29 Tahun Banyumanis
4 Nikita Wulan Perempuan 25 Tahun Jekardah
 

[/tab]

[/tabcontent] [/tabs]

Selamat mencoba, mohon maaf kalau kurang jelas. Insya Allah semuanya akan lebih jelas kalau Anda segera mencobanya dan semoga Anda akan lebih mengerti dengan sendirinya.

Tentang “Word 2 Clean HTML”

Word 2 Clean HTML atau word2cleanhtml.com adalah sebuah situs yang dirancang oleh Olly Cope, seorang desainer dan ilsutrator asal Belgia. Situs word2cleanhtml.com memberikan layanan konversi konten dokumen dari Microsoft Word ke HTML sehingga memungkinkan kita untuk menyisipkannya ke dalam website secara mudah dan cepat. Layanan ini gratis, tapi jika Anda merasa sangat terbantu dapat memberikan donasi seikhlas Anda, paling tidak agar server situs tersebut bisa tetap up.

Olly Cope menyatakan bahwa proses konversi benar-benar bekerja secara otomatis. Ia memastikan tidak bisa melihat dokumen Anda dan tidak ada salinan di dalam servernya. Satu-satunya pengecualian adalah jika Anda mengajukan laporan bug dan memilih untuk menyertakan salinan dokumen Anda,  maka dokumen Anda akan diemail kepada dia bersama dengan laporan bug.

Dengan secata terbuka, Olly Cope mengakui tidak memiliki sumber daya untuk memproduksi dan mendukung versi desktop (offline) saat ini.  Word2cleanhtml.com bekerja menggunakan bahasa pemrograman Python untuk memanipulasi HTML yang dihasilkan oleh Microsoft Word.