Saya pernah melihat sebuah gambar porno muncul di beranda (timeline) Facebook. Saya pastikan itu tidak diunggah oleh saya dan tidak juga oleh orang-orang yang berteman dengan saya. Kemunculan gambar tersebut membuat saya agak panik, karena di samping saya ada keponakan yang masih anak-anak. Bukan saya bukan juga teman saya yang menggunggah gambar tersebut, lalu siapa ? yang mengunggah gambar tersebut adalah teman dari teman saya. Pada gambar yang tidak senonoh tersebut ia menandai (tag) teman saya. Yang disayangkan lagi teman saya tidak mengendalikan pengaturan penandaan di akun Facebook-nya.

Kejadian semacam ini mungkin tidak hanya dialami oleh saya, banyak orang lain (mungkin termasuk Anda) pernah mengalami hal serupa. Meski kadang bentuknya macam-macam. Ada penandaan gambar seperti yang saya lihat, iklan (kadang penipuan), video, tautan, bahkan spam dan pishing.

Beranda facebook seperti menjadi tumpukan sampah. Untuk itu, saya kira sangat penting bagi setiap pengguna agar mengendalikan pengaturan dan privasi akunnya. Karena kadang hal seperti itu juga bisa memalukan.

Terkait pengaturan dan penandaan, Anda yang belum tahu bisa masuk ke menu Pengaturan > Kronolodi dan Penandaan. Seperti gambar berikut ini :

pengaturan kronologi dan penandaan
Ada tiga aspek utama pada pengaturan ini yang memberikan kendali kepada masing-masing pengguna  atas akun Facebook pribadinya, yaitu :

  1. Siapa yang dapat menambahkan berbagai hal ke kronologi kita ?
  2. Siapa yang dapat melihat hal-hal di kronologi kita ?, dan
  3. Bagaimana cara mengelola tanda yang ditambahkan orang dan saran tanda ?

Mode pada capture diatas adalah mode pengaturan yang saya gunakan. Hanya sebagai contoh. Anda bisa menyamakan atau menyesuaikan sesuai keinginan sendiri. Tapi saran saya, pengaturan tinjau kiriman yang menandai Anda sebelum muncul di kronologi diaktifkan alias Menyala, agar segala bentuk penandaan tidak ujug-ujug muncul di kronologi atau beranda. Anda punya kendali penuh untuk memutuskan (menyetujui) penandaan itu layak muncul atau tidak. Simpel kan ? 🙂