safety connectingKadang kalau menulis hal-hal yang berbau internet itu, saya sering rada bingung harus memulai dari mana. Mungkin ini karena faktor ; bahwa, internet bukan lagi sesuatu yang aneh. Semua orang, baik tua maupun muda sudah terbiasa menghabiskan waktu berjam-jam di “jalan bandwith”.

Dengan segala kelebihannya, internet bisa dibilang tonggak baru yang merubah peradaban manusia. Sepintas biasa saja, tapi bagi saya sebetulnya luar biasa. Ada banyak hal yang membuat internet merubah bagaimana cara manusia hidup :

Dari sisi jual – beli, orang-orang mulai beralih dari cara yang konvensional. Walaupun ini belum sepenuhnya (dan kecil kemungkinannya) memindahkan cara orang bertransaksi secara langsung kedalam gadget.

Setali tiga uang dengan dunia jual-beli, untuk urusan kirim-kirim uangpun orang sudah semakin betah dengan memanfaatkan jasa internet. Yang paling sering tidak disadarai mungkin adalah bagaimana kita berinternetan ketika mengirim uang lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Jangan lupa ya, ATM juga bagian dari internet. Sekarang menjadi seperti agak ganjil kalau kita mengirim uang melalui wesel pos.

Bergeser ke soal cara komunikasi dan informasi, jelas ini satu hal yang tidak bisa dipungkiri. Jarak seperti  tidak lagi menjadi sebuah hambatan, selama terjangkau oleh penyedia layanan maka arus komunikasipun ngalir. Saking derasnya arus informasi, sampai-sampai antara informasi yang benar dan tidak benar begiti tipis perbedaannya. Untuk mengirim surat kepada keluargapun kita tidak perlu menuggu berhari-hari.

Meloncat ke dunia pendidikan. *So, *peran inetrnetpun menjadi tidak bisa dikesampingkan. Mau tidak mau para gurupun dituntut untuk bisa menggunakan internet. Akan menjadi tidak lucu ketika muridnya sudah akrab dengan bersosialisasi di facebook dan twitter, sedangkan gurunya tidak mampu menjangkau pengawasannya kesana karena tidak bisa mengoperasikan internet.

Eksis di internet seperti bukan lagi sebuah pilihan, tapi sudah menjadi antara kesempatan dan keharusan. Kesempatan, ketika kita mencoba untuk melihat begitu banyak peluang yang bertebaran di jagad maya. Kemudian menjadi keharusan, ketika kita ingin menjadi bagian dari arus informasi yang cepat, singkatnya tidak tertinggal.

Begitu banyak orang yang dengan eksistensinya di internet mampu menjaidkan internet sebagai lahan mendapatkan kesuksesan. Tidak hanya kesuksesan secara finansial, tapi juga secara wawasan dan perubahan. Dari kesuksesan secara finansial, kita dapat melihat bagaimana orang-orang yang menjadi kaya raya berkat kreativitas dan inovasinya yang di  internet. Dari segi wawasan, tidak sedikit orang-orang yang berpendidikannya tidak tinggi tapi kualitas intelektualnya mampu melampaui orang-orang yang bergelar, berkat semangatnya untuk memanfaatkan internet sebagai media belajar otodidak, dimana trial and erorr seperti sudah mejadi sahabat.

Masalah eksistensi internet mampu menjadi peran sebagai agen perubahan, bisa kita intip dari para cendeikiawan yang tidak sungkan-sungkan untuk berbagi wawasannya di internet. Wawasan yang jika dipendam akan sangat tidak berguna.

Safety Connecting

*Safety connecting *mungkin merupakan istilah yang memang belum populer, sengaja memang istilah ini coba saya lontarkan. Di banding *safety connecting, *tentunya kita lebih mengenal istilah “internet sehat”. Secara dasar, keduanya memiliki inti poin yang sama, yaitu bagaimana kita berkoneksi secara aman di ranah internet.

internet seperti jalan rayaKalau saja selama ini kita sudah begitu akrab dengan istilah safety riding, yang semakin giat dikampanyekan oleh para produsen kendaraan roda dua sebagai upaya mengurangi tingkat kecelakaan pada saat berkendara. Mungkin, di internetpun kita bisa menggunakan istilah “safety connecting” untuk mengkampanyekan cara berhubungan di internet yang aman sebagai upaya meminimalisir terjadinya “kecelakaan” di “jalan online”.

Kalau saja dengan roda dua kita harus safety riding saat dijalan raya, saya rasa demikian pula ketika kita dengan gadget mungkin kitapun harus safety connecting saat online. *So, *buat internet service provider (ISP) bisa dijadikan tagline juga tuh. Heheheeee

Pergeseran Konsep Promosi

Saya agak tertarik dengan konsep salah satu produsen kendaraan roda dua. Disaat yang lain gencar mempromosikan kualitas produksinya, kecanggihan mesinnya, dan desainnya produknya yang semakin aerodinamis, dia malah mengambil konsep promosi safety riding. Dengan tanpa mengenyampingkan peningkatan kualitas produknya, ternyata iklan yang “ramah” jalanan tersebut mampu lebih meningkatkan popularirtasnya lagi.

Pola pergeseran cara promosi ini mungkin juga bisa digunakan oleh para penyedia jasa layanan internet, ketika yang lain masih sibuk mempromosikan kecepatan koneksi tinggi (yang padahal kadang fiktif), tarif yang murah (lagi-lagi fiktif), dengan produk gadget terbaru, cobalah gunakan pola promosi yang semakin “ramah” seperti produsen otomotif tadi, yaitu Safety Conecting, tanpa mengeyampingkan kualitasnya layanannya sendiri.

Dengan konsep Safety Connecting, sebuah penyedia layanan tidak hanya mempromosikan brand produknya, tapi secara tidak langsung ia sudah mengambil peran social campaign, yang itu semakin diperlukan.

Semakin Eksis, Semakin Safety

Sebagai *user, *kira-kira sudah berapa lama kita eksis di internet ?. Meskipun pertanyaan “sudah berapa lama ?”, bukan berarti semakin lama semakin hebat. Kalau sudah lama kita akrab dengan internet tapi seperti tidak mengambil manfaat positifnya sama sekali, mungkin itu bisa dibilang sia-sia.

Singkatnya adalah, banyak mana antara manfaat dan sia-sia nya ?.

Ada tanggung jawab moral (paling tidak untuk diri sendiri), bahwa jika semakin lama kita bergulat dengan internet seharusnya kitapun bisa mengambil peran dalam menyosialisasikan seluk beluk keselamatan di internet.

Ibarat seorang pengendara motor, tentunya semakin lama kita akan semakin mahir, dan semakin sering akan semakin tahu seluk beluk jalan raya. Karena kita semakin mahir dan semakin tahu, tentunya kitapun dapat berbagi banyak hal tentang keselamatan di jalan raya kepada banyak orang, minimal orang sekitar kita. Demikian pula dengan seorang onliner, semakin sering dan semakin hapal kita dengan seluk belum internet, atau sepertu judul diatas, *semakin eksis, *seharusnya kitapun bisa berbagi banyak hal tentang keselamatan di jagad maya.