Ketika akan memilih layanan web hosting mana yang akan sobat percayai sebagai partner utama situs yang sobat kelola kemudian sobat merasa bingung, itu sangat wajar. Hal demikian sempat saya alami, bingungnya bukan main ketika saya akan mencari hosting mana yang akan pilih. Maklum, banyak hal yang menjadi pertimbangan saya, antara lain :

Biaya yang murah, atau minimal bersaing.

Siapapun yang mencari layanan hosting, tidak dapat dipungkiri yang pertama kali dilihat adalah biayanya. Celakanya banyak yang terjebak ketika yang menjadi bahan perhatian adalah persoalan harga. Biaya yang marah adalah satu bahan pertimbangan dari pertimbangan lainnya. Tolak ukur biaya yang murah jangan hanya dilihat pada angka nominal yang tertuli, tapi setelah dikomparasikan dengan fitur-fitur layanan yang ditawarkan oleh penyedia hosting.

Server yang handal

Ini juga penting, tapi ini harus kita komparasikan lagi dengan sisi lainnya. Kita cari yang handal tapi yang biayanya bersahabat. Untuk melihat status server, silahkan klik host-tracker.com kemudian masukan link web yang akan di cek, mis : https://blog.rosid.net

Bandwith yang besar, syukur-syukur unlimited

Apa perlu bandwith yang besar atau unlimited ?. Sangat perlu. Awal-awal kita ngeblog atau meluncurkan website, mungkin yang berkunjung masih dibawah 100 visitor, tapi ketika jumlah pengunjungnya sampai ratusan atau ribuan itu akan menjadi masalah karena terbatasnya limit bandwith. Dan akhirnya website kita tidak bisa diakses oleh pengunjung, yang tampil hanya keterangan “Bandwidth Limit Exceeded*“**.*

Transparan dan tidak menipu

****Banyak sekali penyedia hosting yang tidak bisa dipercaya, alih-alih menawarkan biaya yang murah malah ada biaya tersembunyi dikemudian hari. Saat kita membayar untuk tahun pertama misalnya biayanya Rp. 150.000,- tanpa keterangan yang jelas ditahun berikutnya untuk perpanjangan dikenakan biaya Rp. 200.000,-. Ada juga yang tarifnya sangat murah, tapi baru berjalan beberapa bulan servernya udah mati dan penyedianya kabur. Pusing kan ?. Belum sampai disitu, ada juga yang setiap kita melakukan pengaduan atas layanannya alih-alih dibantu eh malah diminta mengirimkan sejumlah uang sebagai biaya pelayanannya.

Testimoni kepuasan para pelanggan lainnya

****Betul memang kalau sebuah testiomini bisa dibuat oleh jasa penyedianya tersendiri. Tapi kita bisa menilai lain ketika disetiap testimoninya itu terdapat link testimonernya. Begitu kita cek link-nya ternyata link tersebut memang berhosting di penyedia yang ditestimonikan tadi. Apalagi kalau testimoninya banyak.

Fasilitas yang mencukupi

Fasilitas disini bisa macam-macam, seperti fitur pada cpanel, jumlah layanan email, sistem keamanan, dan lain sebagainya. Kita sepakat dong kalau makin kaya fitur itu semakin menarik ?.

Pelayanan Customer Suport yang memuaskan

****Nah, ini dia yang sangat penting juga. Gimana rasanya begitu kita minta bantuan CS eh malah diabaikan berhari-hari ?, atau bahkan dilayani tidak dengan ramah seolah-olah membuat kita jadi segan untuk minta bantuan ?, atau bahkan yang lebih ekstrim mau membantu tapi “wani pirooo ???”. Saya sih awal sekali melihat kesiapan CS suatu layanan web hosting sederhana saja, saya liat dulu status YM CS-nya online apa tidak, kalau tidak ya jelas diragukan 24/7 Service-nya.

Dari ke 7 pertimbangan tersebut tentunya memiliki keterkaitan, sebagai contoh adalah semakin besar space dan bandwithnya maka semakin tinggi pula biayanya, hal itu memang merupakan sesuatu yang wajar dan umum, namun ketika itu dibandingkan dengan penyedia lainnya bagaimana ?, jangan lupa pula, dengan biaya tersebut apakah fasilitasnya mencukupi (seperti layanan e-mail, sub domain, parking domain, PHP, database, CPanel, Softaculous, dll) ?, apakah tidak ada biaya embel-embel yang disembunyikan dan dimunculkan dikemudian hari ?, apakah servernya stabil ?, Apakah pelayanan customer servicenya memuaskan meskipun hosting kita tidak begitu besar ?, jangan salah, ini merupakan hal yang terpenting dalam hosting, terlebih lagi ketika terjadi bug atau error. Hemh.. rumit juga ya ???.

Lebih rumit lagi ketika kita harus membandingkannya dengan penyedia hosting lainnya ?, Jangan salah, sobat harus lebih hati-hati lagi ni, karena banyak sekali penyedia hosting yang jahat dan buruk dalam pelayanan, bagaimana tidak, setelah hosting sobat berjalan beberapa waktu tiba-tiba saja berhenti ditengah jalan tanpa alasan yang pasti, ruginya lagi data file yang sobat hosting bisa musnah seketika. Anggaplah tidak musnah, tapi sobat harus pindah hosting kan ?, dan itu tentunya tidak gratis.

Belajar dari pengalaman dan melihat dari reputasi, akhirnya setelah beberapa penyedia hosting saya sambangi dan saya coba Tanya-tanya sebawel mungkin kepada CS-nya, akhirnya pilihan saya jatuh kepada Jagoan Hosting. Eittt… jangan salah, artikel ini saya buat berdasarkan kehendak saya sendiri dan dalam keadaan sadar, sama sekali tidak ada bayaran apapun dari pihak Jagoan Hosting, tidak dalam kontes SEO, ataupun tidak dalam pengerjaan job review, so… ini hanyalah sedikit bentuk apresiasi atas kepuasan saya terhadap layanan Jagoan hosting setelah beberapa kali saya kecewa dengan beberapa layanan hosting lain, dan mudah-mudahan bisa menjadi sedikit masukan bagi sobat-sobat. Dan sekedar informasi bahwa situs dimana artikel sobat ini baca sekarang hostingnya bersarang di Jagoan Hosting.

Sedikit cerita, sebelum saya memutuskan menyewa sebuah hosting, saya register dulu di situs penyedia hosting tersebut, hal ini tidak lain dan tidak bukan supaya saya dapat mengirimkan ticket Tanya jawab. Maklum lah… kita semua kan tidak mau memilih kucing dalam karung.  🙂

Cara saya mungkin agak ribed ya, tapi tak apalah.. toh itu untuk mendapatkan pelayanan yang memuaskan, setelah saya sambangi beberapa situs penyedia dengan kebawelan dan kekurangtahuan saya, ternyata CS Jagoan Hosting sebagai salah satu dari sekian banyak penyedia layanan hosting terbaik dengan kualitas pelayanannya mampu meyakinkan saya bahwa mereka adalah pilihan yang tepat.

Bukan hanya itu saja, dengan biaya yang sangat bersaing dan itu tentunya berbanding lurus dengan space yang besar plus bandwith unlimited (paket tertentu) ditambah lagi dengan fitur yang sangat lengkap saya merasa yakin bahwa kualtias Jagoan Hosting lebih dari cukup dan diatas rata-rata.

Setelah saya yakin kemudian saya putuskan untuk memesan hosting dengan domainnya, tidak sampai 1 jam setelah invoice saya bayar, tralaaaaaaaa….. domain sayapun sudah aktif, wah senangnya hatiku. Dalam benak saya tersirat, “jangan-jangan kualitas CS-nya baik disaat kita belum memesan saja supaya kita jadi berlangganan, setelah berlangganan bisa jadi malah buruk…”. Ok dah, sayapun mengirimkan kembali beberapa tiket dan pertayaan (itung-itung menguji, tetap baik *gak *layanannya), dan ternyata Jagoan Hosting memang bener-bener jagoan, setelah berlangganan kualitas pelayanannya tetap wokehhh…

  1. Biayanya murah dan sangat wajar.
  2. Server Handal (terbukti dengan banyaknya pelanggan dan banyaknya server)
  3. Bandwith Unlimited
  4. Biayanya tranasparan alias blak-blakan (malah di waktu-waktu tertentu ada diskon perpanjangan)
  5. Testimoninya banyak, apalagi testimoni tersebut ditampilkan secara random sekaligus menempatkan link kita yang lumayan untuk backlink.
  6. Fasilitasnya banyak, kalau yang saya rasakan sih malah pake Softaculous. Dan saya rasa sih Softaculous lebih kumlplit dibanding Fantastico.
  7. CS-nya yang ramah, pernah saya telepon saat tanya-tanya mau nambah akun sampai lebih dari setengah jam dan alhamdulillah CS-nya care-care aja dan bisa diajak becanda lagi.

Yappphhh…, buat sobat-sobat yang lagi bingung atau penasaranan, tidak ada salahnya untuk mencoba Jagoan Hosting, atau kalau masih ragu coba deh Tanya-tanya sama CS-nya. Langsung aja neh klik ini >>>

www.jagoanhosting.com.

Update : 17 Oktober 2011

Alhamdulillah sekarang 6 paket saya tanam di Jagoan Hosting, ternyata makin asyik aja dengan lebih dari 2 paket dapat diskon 10 %, nah pas sampai paket yang ke 6 malah diskonnya 15 %, ajibnya diskon bisa sampai 50%. THANKS Jagoan….

Disclaimer :

  • Tulisan ini murni atas kehendak penulis berdasarkan pengalaman yang didapat, sama sekali bukan tulisan pesanan dari Jagoan Hosting, bukan Job Review, bukan kontes SEO dan bukan kontes blog lainnya.
  • Penulis tidak bertanggungjawab terhadap segala kualitas pelayanan Jagoan Hosting yang sobat alami yang mungkin tidak sesuai dengan konten tulisan diatas.
  • Apabila sobat-sobat memiliki review lain tentang penyedia hosting, silahkan masukan dikolom komentar.