[![Halaman muka Vlog (Beta)](https://blog.rosid.net/content/images/2012/05/vlog-1-300x141.png "Halaman muka Vlog (Beta)")](https://blog.rosid.net/content/images/2012/05/vlog-1.png)
Halaman muka Vlog (Beta)
Bagi blogger-blogger yang sering mengagregasikan tulisannya ke Vlog tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Vlog. Ya, Vlog merupakan kanal yang disediakan oleh vivanews.com bagi para blogger untuk berbagi konten blognya di situs berita tersebut, dimana konten hanya ditampilkan sebagian kecilnya, dan untuk membaca selengkapnya pembaca tetap diarahkan ke blog tempat tulisan berasal.

Kalau sebelumnya kita biasa mengakses Vlog di http://ureport.vivanews.com/blog, baru-baru ini vivanews melakukan perombakan besar-besaran, dimana vivanews menjadi satu kanal yang bisa dibilang (mungkin) hampir setara dengan Vlog dibawah portal induk http://viva.co.id. Jadi ada dua istilah yang menurut saya masih abu-abu, yaitu : vivanews dan vlog sebagai sama-sama portal, atau sama-sama kanal ?. Tapi, apapun itu istilahnya, yang jelas tampilan baru ini jauh lebih menarik.

Vlog yang baru kini bisa diakses di http://log.viva.co.id (versi beta). Konten kiriman dari para blogger yang sebelumnya ‘dipadatkan’ dalam satu kanal, kini lebih rapi lagi dengan adanya menu **kategori. **Kategori-kategori inilah yang akan memilah topik-topik dari setiap konten yang dikirimkan blogger. Misalnya, untuk blogger yang menulis tentang otomotif, maka nanti blogger tersebut bisa memilih kartegori **Otomotif **pada saat mengisi *form *untuk link postingannya. Begitu juga untuk kategori lainnya, semisal Entertainment, Lifestyle, Sport, Dunia, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Teknologi, dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur ini, tentu saja akan memudahkan bagi pembaca untuk bisa lebih berlama-lama di kanal Vlog dan memilih kategori tulisan blogger yang akan ia baca. Konsep Vlog yang baru benar-benar menjadi lebih mirip portal berita, sehingga wajar jika posisinya (sekali lagi, mungkin) sejajar dengan vivanews.com yang kemudian link-nya menjadi http://news.viva.co.id/ (versi beta), berada dibawah naungan portal viva.co.id langsung. Tapi meskipun demikian, blogger tidak perlu khawatir, karena indeks dari Vlog tetap tampil news.viva.co.id. Sepertinya, agak kecil kemungkinannya trafik *backlink *menurun drastis.

[![Form pengiriman konten blog di Vlog (beta)](https://blog.rosid.net/content/images/2012/05/vlog-2.png "Form pengiriman konten blog di Vlog (beta)")](https://blog.rosid.net/content/images/2012/05/vlog-2.png)
Form pengiriman konten blog di Vlog (beta)
Selain itu, -di *form* pengisian untuk pengiriman link postingan- dibagian bawah *attachment *gambar**terdapat kolom untuk memberikan keterangan gambar, sehingga maksud dari gambar itu bisa kita deskripsikan. Tahukah sobat, ukuran file maksimum-pun sekarang dinaikan jadi 1 Mb, setelah sebelumnya hanya 100 kb.

Yang menjadi masalah bagi saya disini adalah ketika muncul keterangan Ukuran gambar minimal 800px X 600px dan maximal 1024px X 768px” jika gambar yang kita masukan diluar dari skala ukuran tersebut, dan itu artinya : Tidak bisa dikirim. So, kita harus merombak ukuran gambar hingga ukurannya ada diantara skala tersebut. Mudah-mudahan di versi final ukuran minimumnya bisa diturunkan lagi, karena ini bisa menjadi kendala juga bagi yang koneksinya* slowmotion*. 

Keunikan lainnya, kita tidak hanya bisa mengirimkan konten blog yang berisi tulisan, kita juga bisa mengirimkan foto (photoblog) atau video (vilog).

Untuk *login-*pun, setelah mengisi *username * dan *password, *sekarang kita bisa menekan tombol *enter *di keyboard untuk melakukan permintaan masuk, dimana cara ini pada Vlog sebelumnya tidak berfungsi, kita harus menekannya secara manual menggunakan *mouse. *

Fitur-fitur ini tidak ditemukan di form Vlog sebelumnya, mungkin ini bisa dibilang kemajuan positif bagi blogger-blogger yang selama ini sudah erat hubungannya dalam simbiosis mutualisme dengan Vlog.

Good Luck, semoga rilis Vlog versi beta ini bisa segera menjadi versi final. Semoga juga, diantara Vlog dan para blogger-bloggernya bisa semakin baik dalam menjalin hubungan yang positif untuk kemajuan dunia teknologi, informasi, dan komunikasi. Selamat berkarya, dan selamat berkretaifitas !.